fbpx

Cerita Ketua Umum The Jakmania Koma 3 Hari karena Covid-19

JAKARTA – Jangan sepelekan Covid-19. Meski telah divaksin, jangan abaikan protokol kesehatan!.

Pesan tegas itu dibagikan Ketua Umum The Jakmania Diky Soemarmo. Bukan sekadar omong, Diky merasakan betul bagaimana sulit dan tidak enaknya ketika terpapar Covid-19.

Kisah itu dibagikannya di akun instagram. Pengalaman buruk itu lantas dibagikan ulang oleh Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria, Minggu (2/5/2021).

Diky menceritakan, pada Senin (5/4/2021) lalu dirinya telah menerima vaksin yang pertama. Setelah itu dia menjalankan aktivitas seperti biasanya.

“Rabu pagi gue drop, demam tinggi dan badan lemas,” ujarnya dikutip dari instagram, Minggu.

Rabu sore dia memutuskan ke rumah sakit di kawasan Kuningan untuk infus Vitamin C. Di RS dia diharuskan antigen. Hasilnya, positif Covid-19. Diky selanjutnya tes PCR.

Hasilnya sama. Kamis pagi dia akhirnya ke rumah sakit di kawasan Mampang untuk menjalani perawatan. 

Sampai beberapa hari dia dirawat di kamar biasa. Namun keadannya makin lama kian tidak bagus. Diky mengaku mengalami demam, diare, dan napas pendek.

Hari kelima dirinya dibawa ke HCU. Setelah itu dia dibawa ke ICU karena saturasi yang buruk. Di ICU selama dua hari, dokter memutuskan dirinya harus pake alat bantu pernapasan atau ventilator.

“Akhirnya gue pake alat bantu nafas dan tidak sadarkan diri selama 3 hari. Sampai akhirnya gue kembali sadar dan berhasil melewati masa kritis, gue lanjut dipindah ke HCU lagi dan akhirnya kembali ke kamar rawat biasa untuk perawatan,” ucapnya.

Diky melanjutkan, dirinya diperbolehlan isolasi mandiri pada 24 April. Dengan demikian total 16 hari dia di rumah sakit.

“Gue cuma mau bilang, dear friends, jaga kesehatan. Covid itu benar adanya dan sangat menyiksa. Ia bukan hanya menyerang fisik, tapi juga psikis,” kata dia.

Diky mengingatkan, usai vaksin usahakan harus tetap beristirahat dan lebih waspada. 

Diky mengingatkan, usai vaksin usahakan harus tetap beristirahat dan lebih waspada. Dia pun meminta semua orang untuk mematuhi protokol kesehatan. Jangan sampai kejadian yang menimpanya terjadi pada orang lain lagi.

Unggahan ini disertai foto hitam putih dirinya terbaring di rumah sakit. Diky menyebut itu foto pertama setelah dia sadar dari koma.

“Semoga kita semua selalu waspada akan penyakit ini karena kewaspadaanlah yang membuat kita bisa terhindar. Tetap patuhi protokol kesehatan, jaga imun dengan makan makanan sehat, bergizi dan minum vitamin. Semoga kita semua dilindungi Allah SWT,” ujarnya pada kolom komentar di instagram Ariza.

Sumber: Inews[dot]com

Berita Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close