fbpx

Lagi-lagi Jakarta Kebanjiran, Wagub DKI: 100 Triliun Tidak Cukup untuk Normalisasi Sungai

JAKARTA – Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria, mengatakan hingga Sabtu (20/2/2021) malam ada total 184 RT yang terdampak banjir dengan jumlah pengungsi sebanyak 372 KK. Riza Patria menyebutkan ada tiga penyebab banjir di Jakarta, yaitu banjir lokal dengan intensitas hujan tinggi, banjir kiriman dari daerah lain, dan banjir rob.

“Itu tiga sumber kenapa di Jakarta masih banjir, di samping dataran rendahnya memang rendah dan muka tanahnya tiap tahun juga turun terus,” kata Riza saat dihubungi KompasTV, Sabtu (20/2/2021).

Adapun upaya yang dilakukan Pemprov DKI Jakarta untuk menangani banjir ini, salah satunya ialah normalisasi sungai. “Ada 13 sungai di Jakarta yang memang membutuhkan dana sangat besar sekali, 50 triliun 100 triliun pun tidak cukup melakukan program normalisasi di seluruh Jakarta,” paparnya.

Selain itu normalisasi, program naturalisasi juga terus digalakkan. Di samping itu, Riza juga menyebutkan sudah ada 729 pompa yang sudah disiapkan dengan penambahan tiap tahun.

Selain itu, pemprov juga menyiapkan 257 eskavator dan 495 truk besar untuk optimalisasi daya tamping air. Terkait bagaimana penanganan banjir di Jakarta sampai saat ini, simak pembahasannya bersama Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria.

Sumber: Youtube Kompas TV

Berita Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close