fbpx

Laporan Kunjungan Wagub DKI ke RSUD Cengkareng

Hari minggu 21 Juni 2020 kami ke RSUD Cengkareng, Jakarta Barat. Di sini sudah siap ruang ICU, PCR yang bisa melayani 500 sampel per hari.

RSUD Cengkareng adalah rumah sakit rujukan, pasien yang dirujuk rata-rata positif COVID-19. Alhamdulilah semua unit kegiatan melaksanakan protokol kesehatan dengan baik, sesuai arahan Pak Gubernur Anies Baswedan.

Menurut laporan kepala RSUD Cengkareng dr. Bambang Suheri; sejak 9 Maret 2020 hingga hari ini, RSUD Cengkareng telah merawat 943 orang pasien COVID-19, sembuh 733 orang, meninggal dunia: 70 orang dan yang masih positif: 68 orang. Kabar baiknya hingga hari ini belum ada penambahan kasus baru lagi.

Di RSUD Cengkareng, keluarga bisa berinteraksi dan melihat situasi dan kondisi pasien melalui teknologi, Alhamdulillah teknologi di RSUD Cengkareng membahagiakan pasien dan keluarganya.

Ada 409 tempat tidur dan 200 untuk pasien COVID-19, ventilator dan ICU juga lengkap. Alhamdulillah pelayanan di sini sangat baik, bahkan kami dengar masyarakat yang datang ke sini tidak ingin dipindah ke tempat lain, karena pelayanan dan fasilitasnya sangat baik, tidak kalah bahkan bisa lebih baik dari RS swasta.

APD di RSUD Cengkareng ini sangat siap dan baik, setiap empat jam diganti. Protokol COVID-19 sangat ketat di sini, setiap dokter, perawat, tenaga medis harus mandi, bersih-bersih kemudian mengganti APD dan perlengkapan lainnya setiap empat jam. Di RSUD Cengkareng, alhamdulillah persediaan APBD cukup, perkiraan sampai Oktober 2020.

Ini menunjukkan bahwa kita Pemprov DKI sudah bisa memberikan pelayanan terbaik bagi warga, khususnya di lingkungan Cengkareng, Jakarta Barat, bahkan warga di luar Jakarta juga datang berobat ke RS Cengkareng Jakarta Barat. Semoga pelayanannya bisa ditingkatkan lagi lebih baik.

Kemudian yang kedua, kami ingin sampaikan terima kasih bantuan dari BPJS dan Kemenkes yang memberi bantuan insentif dan biaya klaim perawatan. Namun Mohon bisa dipercepat, karena masih ada yang sejak bulan Maret 2020 belum bisa dibayarkan, mudah-mudahan tim verifikator nya bisa lebih cepat lagi dalam melakukan verifikasi.

Sehingga dokter, perawat, tenaga lainnya bisa menerima insentifnya lebih cepat, karena sudah sejak Maret 2020 belum kami terima. Mudah-mudahan berkat dukungan Pemerintah Pusat, Kemenkes dan BPJS, pahlawan kita yaitu para tenaga kesehatan mendapatkan haknya. Dinkes di Provinsi DKI Jakarta sudah memberikan bantuan, insentif, pengobatan, peralatan.

Terima kasih kami haturkan kepada anggota DPRD DKI Ibu Rani Mauliani (Ketua Fraksi Gerindra DPRD DKI) yang ikut serta dan memberikan masukan. Sebelumnya kami juga ke Pasar Cengkareng, Terminal Kalideres, Mall Daan Mogot bersama anggota DPRD DKI: Lukmanul Hakim (PAN), Cinta Mega (PDI-P), Khotibi Achyar (Golkar), Abdul Aziz Muslim (Nasdem)

Terima kasih Pak Muhammad Zen (Wakil Walikota Jakarta Barat), dr. Wenning (Kabid Yankes Dinas Kesehatan Pemprov DKI Jakarta), dr. Bambang (Kepala RSUD Cengkareng), dr. Benny (Ketua Kesehatan Indonesia Raya), dr. Kristy (Kasudin Kesehatan Jakarta Barat). Ahmad Faqih (Camat Cengkareng), Ardi Nuhur (Lurah Cengkareng Timur), Karang Taruna, PMI, dan seluruhnya.

Terima kasih semuanya. Selamat Ulang Tahun Jakarta ke 493, Jakarta Tangguh.

Jakarta, 22 Juni 2020, Ariza Patria, Wakil Gubernur DKI Jakarta

Berita Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close