fbpx

Pimpin Upacara Hari Bela Negara, Ariza Ajak Semua Pihak Kedepankan Kepentingan Bangsa dan Negara

Jakarta Pusat – Wakil Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Ariza Patria menjadi Inspektur Upacara Peringatan Hari Bela Negara Ke-73 Tahun 2021 di Lingkungan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta di Halaman Balaikota Provinsi DKI Jakarta pada Senin (20/12). Dia mengajak semua pihak mengedepankan kepentingan bangsa dan negara menuju Indonesia maju.

“Peringatan Hari Bela Negara Tahun 2021 ini mengambil tema ‘Semangat Bela Negaraku, Indonesia Tangguh Indonesia Tumbuh’. Tema tersebut mengisyaratkan kepada kita untuk terus mengobarkan dan mengimplementasikan sikap rela berkorban demi bangsa dan negara serta tetap tumbuh bersama-sama untuk berjuang, pantang menyerah menuju Indonesia maju,” ujarnya saat berpidato.

Ariza mengingatkan, saat ini Jakarta dan semua daerah lain di Indonesia masih dalam masa pandemi COVID-19. Krisis akibat pandemi harus dihadapi dengan tepat, secara fisik dan non fisik. Seluruh sendi kehidupan mau tidak mau harus siap menghadapi dampak pandemi.

“Ketabahan, kesabaran, ketahanan, kebersamaan, kepandaian, dan kecepatan, semuanya diuji, sekaligus diasah. Tantangan yang kita hadapi tidak mudah. Situasi seperti ini menuntut daya juang kita sebagai bangsa. Dibutuhkan kerja keras bersama agar kita mampu melewati masa sulit ini. Semua negara tengah berlomba-lomba untuk menjadi pemenang dalam perang melawan COVID-19, dalam pengendalian virus juga pemulihan ekonomi negara,” sambungnya.

Baca Juga:  Perayaan Natal dan Tahun Baru Keluarga Besar NTT, Ariza Apresiasi Kontribusi Dalam Pembangunan Hingga Penanggulangan Bencana

Sebagai bangsa yang besar, lanjut Ariza, Indonesia harus tampil sebagai pemenang, harus optimistis mampu menciptakan peluang di tengah kesulitan. Indonesia, khususnya Jakarta harus menjawab semua tantangan dengan inovasi dan karya nyata.

“Kita tidak boleh berhenti berkreasi, berinovasi, dan berprestasi di tengah pandemi. Kita harus buktikan ketangguhan kita. Kita harus menangkan masa depan kita, wujudkan cita-cita luhur para pendiri bangsa dengan semangat bela negara,” ungkapnya.

Ia melanjutkan, bela negara adalah tekad, sikap, dan perilaku serta tindakan warga negara, baik secara perseorangan maupun kolektif dalam menjaga kedaulatan negara, keutuhan wilayah, dan keselamatan bangsa dan negara yang dijiwai oleh kecintaan kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Baca Juga:  Ariza Hadiri Perayaan HUT ke-11 Bikers Brotherhood Motorcycle Club Jakarta Chapter

Nilai-nilai dasar bela negara tersebut adalah cinta tanah air, sadar berbangsa dan bernegara; setia pada Pancasila sebagai ideologi negara, rela berkorban untuk bangsa dan negara; serta kemampuan awal bela negara. Implementasi dari 5 (lima) nilai dasar bela negara itu harus terus dikembangkan dalam setiap kesempatan.

“Saya ingin mengajak seluruh rakyat Indonesia sebagai bagian dari komponen bangsa untuk bersama-sama menjaga kedaulatan NKRI dengan semangat

bela negara. Kobaran semangat ini tentu berasal dari seluruh komponen bangsa mulai dari prajurit TNI, polisi, pegawai, petani, pedagang kecil, nelayan, ulama, santri, mahasiswa, pekerja, buruh, dan elemen rakyat yang lain. Sejarah telah membuktikan bahwa negara Indonesia dibentuk oleh seluruh komponern bangsa,” jelasnya.

Ariza mengatakan, pembentukan NKRI berawal dari pengorbanan yang dilakukan berpuluh-puluh tahun lalu dengan semangat bela negara. Membela

Baca Juga:  Ariza Hadiri Perayaan HUT ke-11 Bikers Brotherhood Motorcycle Club Jakarta Chapter

negara tidak hanya dilakukan dengan kekuatan senjata dan berperang. Tetapi juga dengan upaya-upaya politik maupun diplomasi. Jadi bela negara bukan hanya tugas TNI dan Polri semata.

Bela negara merupakan tugas dan kewajiban semua warga negara Indonesia, sebagai bagian dari komponen bangsa. Untuk itu, Ariza mengajak semua pihak untuk bersama-sama berbuat yang terbaik bagi bangsa dan negara sesuai dengan peran dan profesi kita masing-masing.

“Saudara-saudaraku dari Sabang sampai Merauke, dari Miangas sampai Pulau Rote, jadikan momentum hari bela negara ini, untuk meningkatkan semangat kita bersama dalam membela negara dan membangun bangsa. Bangsa ini akan kuat dan besar apabila kita semua mampu mengambil peran untuk menjadi lebih maju. Perkokoh semangat bela negara dan bahu membahu, saling bergandeng tangan dalam menghadapi pandemi agar kita tangguh melalui berbagai ujian dan terus tumbuh,” ucapnya. (arizapatria.id)

Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Close
Close