fbpx

Wagub DKI: 4 Kelurahan Ajukan Perobohan Jembatan Kota Paris

Jakarta – Pemprov DKI Jakarta tengah mengkaji perobohan Jembatan Kota Paris yang sering menjadi akses tawuran di Johar Baru, Jakarta Pusat. Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria, menyebut ada 4 kelurahan di Kecamatan Johar Baru yang mengajukan perobohan Jembatan Kota Paris.

“Iya memang keinginan dari warga agar jembatan tersebut itu dirobohkan. Ada 4 kelurahan yang mengajukan (perobohan jembatan), ini Galur, Johar Baru, Tanah Tinggi, Kampung Rawa. Namun demikian, sudah mendapatkan persetujuan dari RW setempat. Ini juga masih ada kajian,” kata Riza di Balai Kota DKI Jakarta, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Selasa (20/4/2021).

Kendati demikian, Politikus Gerindra itu memandang keputusan membongkar jembatan bukanlah hal yang mudah. Sebab, sebutnya, jembatan ini menjadi akses jalan dari Kelurahan Kampung Rawa dan Kampung Kota Paris Kelurahan Tanah Tinggi.

“Tidak semudah membalikkan telapak tangan. Karena ini kan sebagai penghubung. Fungsi jembatan kan sebagai penghubung, mengkomunikasikan, mengantarkan dari satu tempat ke tempat lain,” ucapnya.

Namun, Riza memastikan keinginan warga terus diproses. Dia berjanji akan segera memberi keputusan terkait hal ini.

“Sudah disetujui oleh RT untuk dirobohkan, tapi sedang dalam kajian dan dipertimbangkan. Insyaallah dalam waktu dekat akan kita umumkan keputusan yang terbaik ya,” ujarnya.

Sebelumnya, Warga Johar Baru ingin agar Jembatan Kota Paris dibongkar karena jembatan itu sering menjadi akses tawuran bersenjata tajam. Gubernur DKI Anies Baswedan dimintai persetujuan pembongkaran jembatan itu.

“Nanti kita minta persetujuan dari Pak Gubernur (Anies Baswedan), baru kemudian dibongkar. Setelah itu, penghapusan aset akan diproses,” kata pelaksana tugas (Plt) Suku Badan BPAD Jakarta Pusat, Gigih Nugrohadi, kepada detikcom, Selasa (20/4/2021).

Badan Pengelolaan Aset Daerah (BPAD) DKI Jakarta selesai mengadakan rapat proses administrasi untuk menghapus Jembatan Kota Paris itu dari daftar aset Dinas Bina Marga DKI. Mereka memahami aspirasi warga Kampung Rawa dan Kampung Kota Paris Kecamatan Johar Baru.

Sumber: Detik[dot]com

Berita Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close