fbpx

Wagub Riza Harap IPKN Dapat Sinergitas Dalam Mengawasi Laporan Keuangan Pemprov DKI

JAKARTA – Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria menghadiri Pelantikan Pengurus Institut Pemeriksa Keuangan Negara (IPKN) Wilayah DKI Jakarta periode 2020-2023. Acara ini berlangsung di Auditorium Kantor BPK Perwakilan DKI Jakarta, Jakarta Pusat, Senin (26/10).

Dalam acara tersebut, Riza berharap IPKN mampu membentuk calon pemeriksa keuangan yang profesional, berloyalitas, dan berdedikasi tinggi, serta menjaga amanah untuk memajukan bangsa dan negara.

“Pengurus IPKN juga diharapkan mampu menjembatani berbagai macam latar belakang pemeriksa dan pengawas, khususnya yang berasal dari internal Pemprov DKI Jakarta,” ujar Riza dalam keterangan resminya, Senin (26/10).

Selain itu, lanjut Riza, Pemprov DKI Jakarta akan terus berupaya dalam meningkatkan akuntabilitas pelaporan keuangan. Menurutnya, hal ini telah dibuktikan dengan pencapaian predikat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Bahkan pencapaian ini kata Riza, telah disandang selama tiga tahun berturut-turut, yakni sejak tahun 2017.

“Terkait predikat WTP tersebut, kami terus berusaha melakukan langkah-langkah dan upaya konkret dalam meningkatkan kualitas laporan keuangan melalui komitmen yang tinggi dari setiap pimpinan entitas akuntansi, peningkatan kompetensi SDM penyusun laporan keuangan, serta pembenahan dalam pengelolaan keuangan dan pengelolaan barang/aset daerah,” ujar Riza.

Riza optimis, IPKN bisa mewujudkan pengelolaan keuangan DKI Jakarta yang akuntabel dan transparan. Sebab, kata Riza, IPKN merupakan organisasi profesi pemeriksa keuangan negara yang telah diakui di internal BPK. Itulah alasan IPKN bersinergi dengan Pemprov DKI Jakarta.

“Karena itu, tugas IPKN harus bersinergi dengan Pemprov DKI Jakarta dalam mewujudkan pengelolaan keuangan yang akuntabel dan transparan,” ujarnya.

Sebagai informasi, IPKN diresmikan pada 20 Februari lalu di Jakarta dengan tujuan untuk mengembangkan dan mendayagunakan potensi pemeriksa bagi kepentingan negara.

Dalam pelantikan pengurus IPKN ini, turut hadir Plt Kepala Inspektorat Provinsi DKI Jakarta, Syaefulloh Hidayat dan Ketua Institut Pemeriksa Keuangan Negara Wilayah DKI Jakarta, Pemut Aryo Wibowo. 

Berita Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close